Monday, November 12, 2018

Share Pengalaman Tentang Persyaratan Menikah dengan TNI

Menikah dengan TNI. Menurut pengamatan saya di media sosial, secara umum syarat menikah dengan TNI adalah sama. Hanya satu atau dua detail saja yang berbeda, contoh adalah soal tes keperawanan.

Saya sudah lupa syarat-syaratnya, Berusaha mencari berkas nikah lima tahun lalu tapi entah diletakkan di mana. Abisnya suka pindah-pindah sih, jadi kadang tumpukan kertas gitu jadi berasa nggak penting lagi. Tenang saja, nanti calon suami pasti ngasih tau berkas apa saja yang harus disiapkan kok.

Share Pengalaman Tentang Persyaratan Menikah dengan TNI

Nikah kantor itu apa?

Sebenarnya tidak ada istilah nikah kantor, namun lebih tepatnya adalah pengajuan permohonan izin menikah. Nikah kantor adalah istilah yang dipakai orang-orang untuk menyebut rangkaian pengajuan permohonan izin menikah tersebut. Biar lebih singkat dan padat gitulah

Pengalaman pengajuan nikah saya

Intinya, menikah dengan tentara hampir sama ketika menikah dengan lelaki sipil. Harus melewati birokrasi RT hingga kelurahan. Pembedanya adalah kita harus menyertakan SKCK, SKBD, dan surat kesehatan dari rumah sakit.

SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dikeluarkan oleh Polres. Sebagai bukti kalau calon pengantin perempuan dan kedua orangtuanya tidak pernah terlibat tindakan kriminal. SKBD (Surat Keterangan Bersih Diri) adalah surat keterangan dari Koramil yang menyatakan pihak calon pengantin perempuan dan kedua orangtuanya bebas dari garis keturunan PKI. Surat kesehatan ketika saya pengajuan meliputi laporan kesehatan umum, serta keterangan bebas HIV dan narkoba, Udah gitu aja.

Jadi saya luruskan dulu. Saya dan calon suami waktu itu melewati masa pengajuan terpisah. Suami saya berdinas di Lanud Maimun Saleh, Sabang. Karena jarak yang terlampau jauh, akhirnya saya dititipkan untuk mengadakan pengajuan di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang. Lho, kok bisa gitu? Entahlah. Haha. Itu calon suami saya yang mengordinasikan. Saya tinggal datang ke kantor intel Lanud Abdul Rahman Saleh untuk menjalani tes tulis dan wawancara. Pada satuan lain, biasanya calon suami-istri wajib hadir berdua.

Serem nggak waktu diinterogasi intel?

Tidak ada interogasi yaa, kami kayaknya cuma ngobrol-ngobrol aja. Saya merasa sedang tidak diwawancarai sama sekali, malah cenderung santai dan guyon. Tapi dalam santai dan guyon itulah mungkin sebenarnya tanpa sadar saya sedang diselidiki. Bapaknya lucu banget sih, jadi beban 'nikah kantor' yang kata orang-orang bikin lelah dan tertekan tidak saya rasakan. Saya cuma agak capek ngisi berlembar-lembar pertanyaan, soalnnya harus saya kerjakan sendirian. Terimakasih buat bapak intel yang telah bersedia meminjami saya pulpen hingga tintanya habis karena dipakai untuk mengerjakan esai yang mirip pelajaran PPKn

Apakah saya harus memakai seragam organisasi istri ketika pengajuan?

Saya menikah tahun 2012, waktu itu ketentuan mengenakan Pakaian Seragam Kerja belum ada. Saya datang dengan berpakaian bebas rapi semi formal. Tapi sekarang sepertinya ketika pengajuan sudah harus memakai baju PSK tanpa lencana. Menurut saya itu aturan bagus, sebab kalau tidak begitu biasanya istri-istri sama sekali tidak mempunyai PSK hingga bertahun-tahun pernikahannya.

Apakah harus hafal NRP suami dan lagu mars serta hymne?

Lebih baik memang hafal. Di beberapa satuan memang ada tes menyanyikan lagu mars dan hymne organisasi istri, bahkan ada yang mengharuskan hafal surat-surat tertentu dalam Al Quran. Tapi saya tidak melewati ujian tersebut.

Apakah ketika pengajuan harus menghadap banyak pejabat satuan?

Iya betul. Tapi saya juga tidak melewati moment hadap-menghadap itu. Satu-satunya yang saya temui ya bapak intel yang meminjami saya pulpen.

Kok enak banget pengajuannya?

Jikapun dianggap enak, itu sudah rejeki saya. Jadi jalan saya menuju pernikahan memang dimudahkan oleh Allah. Jika proses pengajuan kamu lebih rumit itu juga rejeki kamu, sebab jadi lebih kaya akan pengalaman.

Sumber : http://lovingloreng.blogspot.com/2018/03/faq-apa-persyaratan-menikah-dengan-tni.html


EmoticonEmoticon