Wednesday, August 2, 2017

Inilah Strategi untuk Beli Kebutuhan Persiapan Nikah

Strategi Kebutuhan Persiapan Nikah. Anda memiliki rencana untuk menikah tahun ini? Pernikahan memang sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum hari H pernikahan dimulai. Hal ini perlu dilakukan agar bisa mendapatkan sewa gedung atau booking hotel yang sesuai dengan tanggal yang sudah Anda cantumkan untuk menikah. Belum lagi persiapan lainnya seperti baju pengantin, perlengkapan make-up, suvenir, dan lain sebagainya. Karena cukup rumit untuk dikerjakan dalam waktu sebentar, diperlukan persiapan yang matang sebelum melangsungkan pernikahan.

Strategi untuk Beli Kebutuhan Persiapan Nikah

Dalam hal ini, diperlukan manajemen waktu yang tepat dan sesuai agar semua yang diinginkan dalam pernikahan bisa terwujud. Sebenarnya, persiapan menjelang pernikahan ini sudah harus dimulai sejak kedua pasangan mendapatkan restu orang tua. Kedua pasangan berkomitmen untuk menikah dan memulai persiapan pernikahannya. Dalam hal ini, tentu Anda menginginkan agar biaya nikah bisa dihemat dengan beberapa strategi khusus.

Berikut ini beberapa strategi yang Anda butuhkan untuk membeli keperluan persiapan pernikahan.

1. Sepakati dan Persiapkan Seserahan yang Akan Diberikan 

Di Indonesia, acara pernikahan bisa digelar dengan berbagai macam adat. Tiap-tiap budaya terkadang mensyaratkan suatu tradisi yang harus diikuti. Seperti adanya penghargaan kepada pihak perempuan. Kemudian pihak perempuan juga memberikan seserahan kepada pihak pria walaupun jumlahnya cukup. Apa saja isi dari seserahan tersebut:

  1. Baju atasan (kemeja). 
  2. Baju bawahan (rok/celana). 
  3. Peralatan mandi dan perawatan tubuh.
  4. Kosmetik. 
  5. Pakaian dalam. 
  6. Sepatu.
  7. Perhiasaan. 

2. Hindari Membeli Semuanya Sekaligus 

Mungkin saat ini Anda dan pasangan sedang mempersiapkan uang untuk mewujudkan pernikahan yang sesuai dengan rencana. Sebab ada banyak pengeluaran yang nominalnya relatif besar, seperti sewa gedung, katering, dan seserahan, maka sebaiknya Anda fokus untuk hal itu saja. Jangan campurkan dengan kebutuhan Anda yang lain, misalnya membeli baju, kosmetik, perawatan khusus, dan lainnya karena akan membuat Anda kerepotan dalam mengatur keuangan. Sebaiknya, membeli baju atau kosmetik janganlah sekaligus, tetapi dicicil saja setiap bulan.

3. Catat Apa Saja yang Menjadi Kebutuhan 

Ada beberapa kebutuhan kecil yang ternyata wajib dipersiapkan menjelang pernikahan, termasuk kebutuhan seperti membeli kotak menyimpan cincin nikah atau mungkin keranjang khusus untuk seserahan. Hal tersebut mungkin tidak terlalu besar, tetapi tentu akan dibutuhkan. Oleh karena itu, setiap kali ada kebutuhan kecil yang diperlukan dalam pernikahan sebaiknya dicatat saja agar tidak lupa.


4. Pilih yang Mendapat Diskon atau Promo 

Mungkin Anda berdua tidak memiliki waktu cukup banyak untuk memilih seserahan. Sebaiknya, jangan malas untuk mencari seserahan yang mungkin sedang diskon atau promo. Anda juga bisa memesannya secara online karena jauh lebih mudah dan praktis dengan menggunakan kartu kredit atau debit.


Artikel ini pernah diposting di : http://economy.okezone.com/read/2017/07/28/320/1746053/inilah-strategi-untuk-beli-kebutuhan-persiapan-nikah


EmoticonEmoticon