Monday, March 27, 2017

Nikah siri, polisi berpangkat brigadir di Sampang disanksi mutasi



Seorang anggota Polri yang bertugas di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, disanksi karena diketahui menikah secara siri dan tanpa sepengetahuan pimpinannya. Anggota polisi tersebut diketahui berinisial RH berpangkat brigadir.

"Anggota yang diketahui menikah secara siri itu berisial RH anggota polisi berpangkat brigadir di satuan Shabara," kata Wakapolres Sampang Kompol Pratolo Saktiawan seperti dilansir Antara, Kamis (15/12).

Sanksi terhadap anggota polisi ini, setelah yang bersangkutan menjalani sidang disiplin di aula Mapolsek Kota Sampang. Atas perbuatannya itu, RH diberi sanksi teguran tertulis dan hendak dimutasi ke tempat tugas baru.

Selain melanggar kode etik sebagai abdi negara, perbuatan RH menikah secara siri dan tidak tercatat di Kantor Urusan Agama, juga dinilai melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Pernikahan.

"TNI dan Polri ini berbeda dengan masyarakat umum. Apabila hendak menikah lagi, ya harus sepengetahuan atau seizin pimpinan, karena kita ini abdi negara," jelasnya.

Selain itu, sesuai dengan ketentuan, juga harus sepengetahuan istri tuanya dan tidak menikah secara diam-diam.

Brigadir RH merupakan satu dari anggota polisi yang menjalani sidang disiplin yang digelar di aula Mapolsek Kota, Sampang, Kamis (15/12). Anggota polisi lainnya yang juga menjalani sidang disiplin ialah AL.

Berbeda dengan RH, AL menjalani sidang disiplin karena tidak masuk kantor selama tujuh hari tanpa keterangan. Sanksi untuk anggota berisial AL dikurung selama tujuh hari.

"Sanksi ini untuk memberikan efek jera, serta menjadi gambaran kepada anggota polri lainnya untuk tidak melanggar kode etik," katanya.

Ia menambahkan, sanksi di kalangan internal polri itu, juga menunjukkan bahwa semua orang sama kedudukannya di depan hukum.

"Jadi siapapun yang melakukan pelanggaran tetap harus disanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tutupnya.

Sumberhttps://www.merdeka.com/peristiwa/nikah-siri-polisi-berpangkat-brigadir-di-sampang-disanksi-mutasi.html

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon